Rivan Arief's

Mahasiswa Gunadarma

TUGAS SOFTSKILL

Leave a Comment
SEJARAH SINGKAT PT BUKAKA TEKNIK UTAMA Tbk




                                               
PT Bukaka Teknik Utama Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Rancang Bangun Rekayasa, Konstruksi dan Manufaktur ( Bidang Energi, Transportasi dan Telekomunikasi ). Perusahaan ini didirikan pada tanggal 25 Oktober 1978 dalam kerangka undang-undang penanaman modal dalam negeri No.6 tahun 1968 undang-undang No.12 tahun 1970 berdasarkan akta No.149 yang di terbitkan oleh Notaris Haji Bebasa Daeng Lalo,SH Akta pendirian ini telah di sahkan olah Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam surat Keputusan No.Y.A.5 /242 7 tanggal 21 Mei 1979,serta diumumkan dalam berita Negara Republik Indonesia No.33 Tambahan No.251 tangagal 22 April Anggaran dasar Perusahan telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan naik turunnya kemampuan ekonomi perusahan, perubahan terakhir dengan akta No.35 tanggal 8 November 1994 yang di terbitkan oleh Notaris Sujipto, SH., mengenai modal dasar dan modal disetor perusahan sehubungan dengan rencana penawaran saham perusahaan kepada Masyarakaat. Perusahaan tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surat Keputusan NO. C HT HT.94 tanggal 30 November Sesuai dengan pasal 3 anggaran dasar perusahaan, perusahaan bergerak dalam bidang pembuatan dan penyediaan peralatan khusus dan bisnis lain yang termasuk di dalam Industri konstruksi.kantor perusahaan dan fasilitas pabriknya berlokasi di Bukaka Industri .
Alamat , Jl. Raya Bekasi Narogong, Km 19,5 Cileungsi, Bogor Jawa Barat. Perusahaan memulai aktivitas usaha komersialnya sejak tahun Berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengawasan Pasar Modal (BAPEPAM) No. S-1960 PM 1994 tanggal 6 Desember 1994, perusahaan menawarkan saham kepada Masyarakat sejumlah saham biasa dengan nilai nominal Rp 500 per lembar Saham dengan harga penawaran Rp per saham..keseluruhan saham Perusahaan sejumlah telah di daftarkan dan di catat di Bursa Efek Indonesia (sebelumnya bernama Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya ). Dari tahun ke tahun perusahaan mampu meningkatkan kualitasnya. Hal ini Di buktikan dengan perolehan sertifikak ISO Pada tahun 1995, perusahaan Mendapatkan sertifikat American Petroleum Institute untuk kegiatan bidang minyak Dan gas bumi. Dalam masa ini juga, perusahaan mencatatkan diri di bursa efek Sebagai perusahaan terbuka. Saat terjadi krisis ekonomi di Indonesia tahun 1997 yang Mengakibatkan melemahkannya mata uang rupiah membuat perusahaan berada pada Posisi sulit, karena pinjaman yang di terima dalam posisi keuangan perusahaan. Tindakan delisting dari PT Bursa Efek Jakarta pada tahun 2006 yang tidak menguntungkan perusahaan, di jadikan sebagai hikmah dengan tidak mengurangi tekad manajemen untuk meningkat kan prestasi dengan segala terobosan yang inovatif dalam produksi garbarata, jembatan rangka baja, menara listrik komunikasi dan segala pekerjaan yang berhubungan dengan power plant.
transmission lines, termasuk yang menyangkut kegiatan produksi minyak dan gas bumi. Perkembangan perusahaan ini terjadi pada tahun karena perusahaan mendapatkan pengakuan standarisasi kualifikasi manjemen berdasarkan persyaratan ISO berturut-turut untuk Steel Tower, Boarding Bridge Three Tunels, dan Oil and Gas. Krisis yang melanda di dunia pada tahun 2008 juga memberikan dampak negatif bagi dunia usaha dan perushaan. Fluktuasi harga bahan mentah yang mengganggu perhitungan harga pokok barang yang di produksi termasuk faktor yang memberikan tekanan bagi perusahaan. Kegigihan karyawan untuk menindaklanjuti kebijakan perusahaan memberikan kans yang besar dalam keberhasilan suatu perusahaan untuk tetap bertahan serta berkembang, sampai saat ini PT Bukaka Teknik Utama Tbk. memiliki ribuan karyawan walaupun sempat banyak melakukan phk pada saat kondisi ekonomi dunia carut marut kurang lebih sebesar karyawan Struktur Organisasi PT.Bukaka Teknik Utama Tbk. PT. Bukaka Teknik Utama telah mengalami beberapa kali perubahan sistem organisasi. Hal ini dimaksudkan untuk perbaikan sistem sehingga diperoleh sistem organisasi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Perusahaan ini.
Gambar sturuktur PT BUKAKA TEKNIK UTAMA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEierhlInjGgWSEY5YE4JOkzyebc9iX6OBwIuXATtau1J-veG6K0J2CgcAx2iRN5M5b-mTk4p58iX6TC_XfxNwuwEnqh84GGMMxIe4jroyh0dNy-tHFlQxedhAKTYrRM6qS-SZ7UJaG3bdA/s1600/Struktur+Organisasi+Bukaka.png

Fungsi Manajemen Di Perusahaan PT BUKAKA TEKNIK UTAMA Tbk

Planing :
Pelaksanaan tata kelola perusahaan di lingkungan PT. Bukaka merupakan salah satu wujud aspek penyesuaian terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengingat kedudukannya sebagai entitas bisnis yang menjalankan usahanya di wilayah hukum Indonesia. Selain itu, komitmen Perseroan terhadap penerapan tata kelola perusahaan juga didasari pada tanggung jawab perusahaan untuk senantiasa memelihara akuntabilitas dan reputasi perusahaan yang baik di mata publik serta membangun organisasi yang sehat yang mampu merealisasikan visi-misi perusahaan sebagaimana yang diharapkan para pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Staffing :
Pengawasan persediaan merupakan salah satu kegiatan dari urutan kegiatan-kegiatan yang bertautan erat satu sama lain dalam seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu, jumlah, kualitas, maupun biaya. Oleh karena itu, untuk menjamin kelancaran kegiatan produksi suatu perusahaan pabrik, maka kita perlu mengetahui mengenai arti dan tujuan serta kegiatan-kegiatan dari pengawasan persediaan dapatlah dikatakan sebagai suatu kegiatan untuk menentukan tingkat atau komposisi dari persediaan parts, bahan baku, dan barang hasil/produk, sehingga perusahaan dapat melindungi kelancaran produksi dan penjualan serta kebutuhan-kebutuhan pembelanjaan perusahaan dengan efektif dan efisien. 

Organizing :
Pelaksanaan tata kelola perusahaan di lingkungan PT. Bukaka berpedoman pada 5 (lima) aspek utama dari tata kelola perusahaan, yang dijabarkan sebagai berikut:
a.
Transparansi
Apsek transparansi diwujudkan oleh Perseroan dalam menyediakan akses yang luas kepada pemegang saham maupun pemangku kepentingan untuk memperoleh informasi dan data perusahaan yang akurat dan tepat waktu
b.
Akuntabilitas
Perseroan menjunjung tinggi penerapan aspek akuntabilitas melalui penegakan prinsip-prinsip tata kelola yang benar di seluruh lini usaha.
c.
Tanggung Jawab
Aspek tanggung jawab diwujudkan dalam setiap pengambilan keputusan strategis yang memiliki dampak signifikan terhadap organisasi perusahaan.
d.
Kemandirian
Aspek kemandirian direalisasikan di antaranya dengan mengelola perusahaan secara profesional tanpa adanya intervensi dari manapun dan sedapat mungkin menghindari konflik kepentingan yang dapat mengganggu operasional perusahaan.
e.
Kewajaran
Perseroan mewujudkan aspek kewajaran melalui pemberian kesempatan yang sama dalam memperoleh informasi maupun data mengenai perusahaan.

Posisi Sekretaris Perusahaan Perseroan dijabat rangkap oleh Director of Corporate Affairs, dan utamanya bertanggungjawab atas pelaksanaan kepatuhan Perseroan terhadap peraturan dan perundang-undangan pasar modal. Devindra Ratzarwin ditunjuk sebagai Director of Corporate Affairs & Corporate Secretary Perseroan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2015.

Sekretaris Perusahaan Juga bertanggungjawab atas beberapa hal, yaitu:
1.  Memastikan tingkat kepatuhan dan perbaikan pelaksanaan prinsip-prinsip GCG.
2.  Mengikuti perubahan peraturan dan perundang-undangan pasar modal yang berlaku.
3.  Mengatur dan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham, dan acara korporasi lainnya.
4.  Memastikan publik memiliki akses terhadap semua data dan informasi Perseroan yang telah dipublikasikan (sudah menjadi dokumen publik).
5.  Menjaga hubungan baik dengan otoritas pasar modal, pemodal, analis, dan media.

Unit Audit Internal Perseroan bertanggungjawab menyiapkan laporan pengawasan dan kegiatan pengendalian aktivitas operasional Perseroan kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris Perseroan. Pelaksanaan audit internal mengacu pada prosedur yang berlaku di Perseroan serta Piagam Audit Internal yang merupakan landasan
tertulis bagi Unit Audit Internal untuk melaksanakan tugas secara professional sesuai tujuan, visi dan misi, fungsi, tugas dan tanggung jawabnya.

Berdasarkan Piagam Audit Internal, lingkup tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal adalah sebagai berikut:
1.  Menyusun dan melaksanakan aktivitas audit internal tahunan berdasarkan prioritas risiko sesuai dengan tujuan perusahaan.
2.   Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian intern dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan. 
3.   Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektifitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi dan kegiatan lainnya. 
4.   Memberikan saran perbaikan dan informasi yang obyektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen.
5.   Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris. 
6.    Memantau, menganalisa, dan melaporakan pelaksanaan tindaklanjut perbaikan yang telah disarankan. 
7.    Bekerjasama dengan Komite Audit. 
8.    Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya. 
9.     Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan

Directing :  
membimbing dan mengawasi kinerja para pekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Mengarahkan sebagai jantung dari proses manajemen. Perencanaan, pengorganisasian, staf yang sudah didapat tidak akan penting apabila tidak ada yang mengawasi dan membimbing.
Tindakan pengarahan di mulai dari saat melakukan kegiatan, pengarahan ini dirancang agar pekerja bekerja secara efektif, efisien supaya dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Mengarahkan adalah fungsi membinbing, menginspirasi, mengawasi, supaya tujuan tercapai.

Controling :
Dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari, Perseroan mengacu pada Kode Etik Perilaku Bisnis atau Code of Business Conduct yang berlaku di seluruh area kerja perusahaan. Hal ini untuk menjaga konsistensi penerapan praktik bisnis yang baik selain juga untuk menetapkan perilaku yang diharapkan dari seluruh karyawan.
Melalui penerapan kode etik tersebut, diharapkan seluruh karyawan, termasuk jajaran manajemen dan karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja dan Manajemen Senior, memiliki komitmen dan persepsi yang sama untuk mempertahankan dan mengembangkan reputasi yang baik yang telah melekat pada Perseroan selama ini, yakni Integritas, Disiplin, Komitmen Keselamatan dan Keberhasilan.

Penanaman nilai-nilai perusahaan yang kuat ini akan membimbing seluruh manajemen dan karyawan untuk bergerak selaras dengan tujuan dan strategi perusahaan. Nilai-nilai ini telah mengembangkan budaya yang berorientasi pada kinerja dan hasil. Penerapannya juga menjadi sangat penting mengingat dinamika bisnis yang dihadapi dan perlunya mempertahankan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

Sebagai bentuk penegakan kode etik perusahaan, Perseroan menerapkan mekanisme Whistleblowing System (WBS). Melalui sistem ini, karyawan dapat menyampaikan laporan terkait pelanggaran kode etik yang terjadi di lingkungan perusahaan maupun di lokasi operasional Perseroan melalui jalur-jalur yang telah ditetapkan. Karyawan yang melaporkan pelanggaran tersebut akan dirahasiakan identitasnya untuk melindunginya dari potensi konflik yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut. Dalam merespon laporan tersebut, Perseroan akan melakukan penyelidikan mendalam dengan mempertimbangkan fakta-fakta yang ada sebelum akhirnya membuat keputusan mengenai tindakan yang akan diambil. Berbagai pelanggaran kode etik yang dapat dilaporkan di antaranya adalah penyimpangan dan kecurangan terhadap Peraturan Perusahaan, kepatuhan hukum, Anggaran Dasar, perjanjian/kontrak, kerahasiaan perusahaan, kebijakan terkait transaksi yang menimbulkan benturan kepentingan dan lainnya. Dengan menerapkan sistem whistleblowing ini, diharapkan dapat tercipta iklim kerja yang kondusif bagi seluruh karyawan sehingga mereka dapat mencapai produktivitas yang optimal.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar