Departementasi adalah suatu aktivitas untuk menyusun satuan organisasi yang akan diserahi bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu.Efisiensi kerja tergantung kepada keberhasilan integrasi satuan-satuan yang bermacam-macam dalam organisasi.Proses penentuan cara bagaimana kegiatan dikelompokan disebutkan departementasi.
Penerapan pada Pt Selamet Sempurna :
1. Departementasi Fungsional
Departementasi Fungsional, organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas atau beberapa aktivitas berkaitan yang disebut fungsi dalam satu departemen. Seperti pemasaran atau keuangan dikelompokkan ke dalam 1 unit. Mengelompokkan fungsi yang sama atau kegiatan sejenis untuk membentuk satuan organisasi. Ini merupakan bentuk organisasi yang paling umum dan bentuk dasar departementasi.
Departementasi Fungsional, organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas atau beberapa aktivitas berkaitan yang disebut fungsi dalam satu departemen. Seperti pemasaran atau keuangan dikelompokkan ke dalam 1 unit. Mengelompokkan fungsi yang sama atau kegiatan sejenis untuk membentuk satuan organisasi. Ini merupakan bentuk organisasi yang paling umum dan bentuk dasar departementasi.
2. Departementasi
Produk
Departementasi berdasarkan jenis-jenis
produknya, bahkan apabila
produk tersebut sudah sangat berkembang
akan menjadi unit-unit bisnis
mandiri. Departementasi produk membagi
sumber daya yang dimiliki menurut
produk yang dihasilkan. Dengan semakin
banyaknya produk yang dihasilkan
perusahaan, maka akan semakin sulit
untuk menkoordinasi kegiatan-kegiatan
dalam perusahaan.
3. Departementasi
Lokasi
Departementasi jenis ini berdasarkan
pertimbangan lokasi geografis
yang cukup luas, punya karakteristik
yang berbeda-beda sehingga dibentuk
beberapa organisasi yang berdasarkan
territorial, yang masing-masing memiliki
peran khusus.
4. Departementasi
Pelanggan
Departementasi
jenis ini terjadi apabila organisasi membutuhkan
pelayanan
yang berbeda untuk jenis pelanggan utama yang berbeda. Struktur
ini
berdasarkan asumsi bahwa pelanggan dapat dikenali dan dipisahkan dalam
kategori
yang logis.
0 komentar:
Posting Komentar